Humor Santri Putri Edisi 1 (Dianggap Santri)

Oleh: azka dz

Sesuatu yang menjadi kebiasaan dan hal yang diwajibkan oleh santri adalah jama’ah. Sudah maklum dalam tradisi NU seusai jama’ah sholat akan melakukan salam_an antara para jama’ah disakitarnya.

Begitu pula yang dilakukan oleh para santri, khususnya santri putri sebut saja denga nama Fina, ia termasuk dalam golongan santri baru di pondok. Tapi termasuk santri yang aktif dalam kegiatan jama’ah.

Pada suatu saat, ia berangkat dulu dan mendapat shaf(barisan sholat) paling depan. Setelah iqamah jama’ah ditunaikan, Fina bersalam dengan orang-orang disekitarnya.
“mbak, kamu kok cantik banget” ucap Fina sengaja tapi yang dituju hanya tersenyum. Fina makin penasaran akan orang itu. Dia selalu mencari orang itu di pondok tapi tidak ketemu.

Setelah beberapa hari, ia kembali jama’ah dan bertemu orang tadi. Hanya saja ia berada di shaf belakang orang tadi. Kebiasaan usai jama’ah dilakukan, tapi santri didepan Fina bersalaman dengan orang itu sambal mencium punggung tangan orang itu.
“kamu kok mencium tangan orang tadi” Tanya Fina kepada Anis yang kebetulan adalah santri yang dituju Fina. ”la kenapa to? Kita ya harus sopan ta’dzim kepada Bu. Nyai” jawab Anis
“maksud mu apa Nis?”Tanya Fina gak paham “tadi itu Bu.Nyai Jamilah garwo Yai Hamam”

Fina terkejut bukan main diberi tau Anis “masak to Nis? Kemaren aku pikir itu mbak santri. Pantes kok uayuuu”

“ngawur kamu itu!!!”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *