Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ULa Nganjuk, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan Ekspose Kuliah Kerja Nyata (KKN) di gedung STAIM lantai Tiga pada Selasa September 2019. Kegiatan ini khusus bagi mahasiswa KKN berbasis Participatory Action Research (PAR).


“Selama ini KKN belum pernah diadakan ekspose, tujuannya (ekspose KKN) untuk mendeteksi kegiatan selama KKN. Dari ekspose ini diharapkan ada temuan-temuan yang akan kita tindak lanjuti untuk periode KKN yang akan datang,” jelas Aan Nasirullah Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM STAIM Nganjuk. acara ini merupakan diseminasi dari kegiatan KKN yang dilakukan di kecamatan Patianrowo selama satu bulan.

Dalam ekspose ini, mahasiswa peserta KKN, mempresentasikan gambar kegiatan, video yang mereka buat. Video tersebut menampilkan profil desa, program-program unggulan desa atau produk unggulan desa. Para perwakilan kelompok bergantian menyampaikan hasil KKN.
Ekspose KKN dimaksudkan untuk mendorong para mahasiswa KKN agar cepat dalam menyelesaikan laporan KKN. “KKN sebenarnya untuk mencari sumber data, sehingga selesai KKN data tersebut dapat digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuat program di wilayahnya,” jelas Yuni Masrifatin, sebagai salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) .

Dengan data tersebut harapannya mampu memberikan manfaat kepada masyarakat yang berada di lokasi KKN. Laporan KKN memuat potensi, problematika, dan program-program yang dibuat oleh peserta KKN. “Dengan adanya data, KKN tahun depan dapat melanjutkan program-program yang sudah ada. Sehingga tidak jalan di tempat dan KKN bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena programnya berkelanjutan,” kata Saini, selaku KABAG STAIM ini.

Bagi LPPM ekpose KKN digunakan untuk membaca capaian mahasiswa peserta KKN, untuk selanjutnya digunakan sebagai target dan acuan program KKN tahun berikutnya. “KKN tidak boleh sekedar menjadi rutinitas, dan programnya harus relevan dengan kondisi masyarakat saat ini,” tambah Kepala Pusat Penelitian LPPM STAIM.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *