1. Werkudara

Salah satu tradisi budaya jawa yang perlu dilestarikan adalah seni pewayangan. Wayang adalah salah satu budaya ang pertama kali di kenalkan oleh Sunan Giri, yakni bentuk alkulturasi antara budaya Hindu dan Islam. Dalam tradisi pementasan seni pewayangan mengusung nilai- nilai positif yang dapat dijadikan pelajaran atau model bagi kehidupan bermasyarakat. Dikemukakan bahwa lakon wayang kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang pada dasarnya merupakan gambaran kehidupan di masyarakat. Misalnya:

Digambarkan  memiliki watak prasaja (sederhana), baris (apa adanya), adil dan beres (bertindak sempurna).

  • Punakawan

Punakawan dalam pewayangan kulit adalah Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong digambarkan memiliki watak yang humoris dan lucu, namun didalam kelucuannya mengandung kritik sosial dan pelajaran agama.

  • Durna

Tokoh ini disamakan mentalitas orang-orang kafir Quraisy yang suka berbuat intrik untuk mengalahkan Nabi dan pengikutnya.

Masih banyak cerita- cerita dan tokoh- tokoh dalam dunia pewayangan yang memuat nilai- nilai positif. Wayang dapat memberikan gambaran lakon kehidupan manusia dengan segala permasalahannya. Sebagai refleksi budaya jawa, wayang mencerminkan kenyataan kehidupan, nilai dan tujuan kehidupan, moralitas, harapan dan cita- cita kehidupan orang jawa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *